Send As SMS
Send As SMS

Wednesday, July 12, 2006

Rasa Sakit = Warning system

“(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.” QS. Al Imran 191

Sekian banyak ayat dalan Al Qur’an yang menyebutkan bahwa semua yang Allah ciptakan teratur rapi memiliki fungsi yang luar biasa. Seisi langit dan bumi termasuk didalamnya makhluk-makhluk sangat kecil yang tidak bisa terlihat dengan mata, semuanya memiliki peran dan fungsinya masing-masing, yang Allah titipkan/ amanahkan kepada manusia dalam mengelola dan memeliharanya sesuai dengan kehendakNya, sesuai dengan aturanNya.

Jika manusia yang Allah angkat sebagai khalifah di muka bumi ini, tidak menjalankan dan memfungsikan sumber daya dan sumber dana sesuai dengan kehendak Allah, maka tunggulah adab dariKu. Artinya alam yang kita ciptakan menuntut haknya untuk diperlakukan sebagaimana mestinya termasuk tubuh kita sendiri. Tubuh kita ini harus berdaya dan berhasil guna untuk mengabdi kehadapanNya dengan aktifitas bermanfaat yang semuanya dinisbatkan demi tegaknya risalah Allah.

Baik alam di luar diri kita maupun tubuh kita sendiri, Allah sudah melengkapi semua perangkat sistemnya dengan sangat sempurna. Contoh kecil, jika kita lupa makan seharian maka perut kita akan sakit melilit dan perih, jika tubuh kita pusing atau panas tentunya ada organ tubuh kita yang kena infeksi terserang virus. Rasa perih, pusing dan demam ini adalah bentuk protes tubuh pada kita mereka seakan berkata”...tolonglah jangan perlakukan kami begini,...aduh..tolonglah ini ada virus yang menyerang kami gara-gara kamu tidak menjaga kesehatan....” atau dengan istilah lain sebagai WARNING SYSTEM

Seperti halnya sistem keamanan alarm yang dipasang di rumah-rumah atau kendaraan, jika ada serangan atau something wrong maka warning system nya menyala atau berbunyi.....itu berarti petunjuk bagi sang pemilik. Rasa sakit ini memberi tanda adanya luka/ cedera . Ia juga merupakan satu bentuk mekanisme perlindungan dan peringatan kepada seseorang supaya tidak membuat atau mengulangi sesuatu mendatangkan cedera. Tanpa petunjuk ini, sesorang tidak mungkin mengetahui ada anggota tubuh atau organ mereka mengalami luka/ cedera dan memerlukan perawatan dan penanganan segera.

Dalam keadaan biasa, rasa sakit merupakan reseptor pinggiran yang dirangsang, menyalurkan isyarat-isyarat melalui sistem sarag ke otak. Apabila terdapat cedera, isyarat-isyarat tersebut disalurkan melalui saraf yang berkaitan ke otak dan seseorang akan menderita kesakitan.
Bayangkan jika saja warning system atau rasa sakit dalam tubuh kita tidak kita rasakan, APA YANG AKAN TERJADI????????? Tentunya tubuh kita ini sudah hancur dan punah sejak lama karena kita tidak bisa mengontrol apakah tubuh kita sedang sakit atau tidak. Banyak diantara kita yang menghilangkan secara berlebih rasa sakit itu dengan mengkonsumsi beraneka macam obat-obatan penahan rasa sakit, akan merugikan jika menkonsumsi lebih dari batas toleransi, tentunya akan merusak sistem dalam tubuh , tubuh kita akan menjadi kebal dan warning system kita pun tidak akan berfungsi dengan baik.

Oleh karena itu bersyukurlah dengan rasa sakit yang telah Allah berikan kepada kita, syukurilah.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home