Send As SMS
Send As SMS

Thursday, October 12, 2006

Banyak Bertanya Sesat di Jalan...........???

Ketika aku SD dulu, Bu Guru selalu bilang “jadi jelema teh kudu bodo alewoh” (kalo jadi orang harus rendah hati, banyak bertanya jika tidak mengerti) kira-kira begitulah artinya. Pepatah ini sangat terasa sekali jika di jalanan mencari alamat apalagi di kota besar seperti Jakarta, Depok, Bekasi dan Bogor (tidak tahu kalo kota lainnya).

Tugas dari kantor memaksaku melakukannya, dari orang ke orang kami bertanya mencari alamat sekolah untuk melakukan pengambilan data penelitian mulai dari abang becak, pedagang, tukang ojek , tukang asong tidak bisa memberi informasi yang benar tentang alamat yang kami tanyakan, bahkan aku curiga mereka membuat kami harus terus berputar-putar kayak orang limbung sampai kurang lebih 5 jam an. Saat kami kembali pada posisi awal eh…si orang yang memberi kami petunjuk hanya nyengir memperlihatkan wajah tak berdosa.

Kami tak habis pikir dibuatnya, mengapa orang Indonesia yang dikenal ramah koq tega ya…. membuat orang susah (senang lihat orang susah, susah lihat orang senang), padahal aku pribadi sering memberi petunjuk benar pada orang yang sedang kebingungan nyari alamat. Apa kehidupan keras Jakarta telah membuat orang bersikap seperti Yahudi??? Selalu berpikir “apa untungnya buatku jika kutolong?” wallahualam yang kutahu sulit sekali mendapatkan orang baik di jalanan. Sampai tulisan ini kuposting semua kota yang kusebutkan tadi kami hampir mendapatkan masalah yang sama dalam mencari alamat, jadi tidak salah kalau aku beranggapan bahwa menanyakan alamat di jalanan akan membuat kita nyasar………

Jangan-jangan pepatah bodoh yang beredar dikalangan para birokrat menular juga di masyarakat “ kalau bisa dipersulit untuk apa dipermudah????????”



Wallahua'alam bishowab
Penulis : Rina M. Taufik

1 Comments:

At 11:42 AM, Blogger My Blog said...

Sabar ya mbak...

 

Post a Comment

<< Home